Pasar senggol pekalongan
Pasar

Pasar Senggol Pekalongan

Seperti namanya, pasar Senggol kota Pekalongan ini nyempil diantara gang di jalan Dr. Cipto. Dari mulut gang hingga habis pandangan mata, berjajar kios-kios bertuliskan “ahli bikin betuk kunci”. Pasar ini bukan pasar tradisional biasa, sebab di pasar senggol kamu bisa menemukan benda-benda ajaib.

Entah bagaimana sistem persaingan antara ahli kunci di pasar senggol. Mungkin ada puluhan pedagang di sini. Kalau kamu punya masalah soal kunci hilang, kunci macet, langsung ke sini saja. Tapi sepertinya kalau malam nutup. Selain ahli bikin betul kunci, di Pasar Senggol kamu bisa menemukan kios-kios sparepart kendaraan. Beberapa kios menjajakan barang-barang bekas. Ukuran kiosnya kecil dan semipermanen.

Di mulut gang, diantara jamaknya papan ahli kunci nampak sesuatu yang kontras. Warung tauto Tjarlam yang legendaris itu ada di sini. Konon tauto Tjarlam sudah ada sejak tahun 60an dan sekarang sudah dikelola generasi ke-2. 

Pasar senggol
Pasar senggol

Keberadaan pasar Senggol ini sebenarnya oleh pemkot sudah diminta untuk relokai, tapi sampai tulisan ini dibuat masih ada.

Pasar Senggol cukup menarik untuk hunting foto dan kuliner bagi wisatawan. Kalau bagi warga lokal, tentu saja tempat nyari tukang servis kunci. 

Lokasi pasar Senggol dekat banget dengan alun-alun kota Pekalongan. Tepatnya sebelah kiri plaza Pekalongan (matahari). Biar gampang sih, gang setelah hotel Pesonna. Tidak ada tempat parkir di pasar ini, kalau bawa mobil harus parkir di sepanjang jalan atau di parkiran plaza Pekalongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *